KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN

KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN

Tugas ke-4

Definisi Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak yang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan maupun tulisan yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi termasuk juga suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang berarti sama. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama. Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.

Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, dan menunjukkan sikap tertentu seperti tersenyum, mengangkat bahu dan sebagainya. Komunikasi ini disebut komunikasi nonverbal. Proses komunikasi bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Melalui komunikasi sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.

Komunikator

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam penyampaian pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan public yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung secara langsung maupun tidak langsung.

Pesan

Pesan adalah setiap pemberitahuan kata, atau komunikasi baik lisan maupun tulisan, yang dikirimkan dari satu orang kepada orang lain.

Penerima

Penerima adalah pihak yang memperoleh pesan atau stimulus yang dikirim oleh sumber. Stimulus yang diterima tersebut dapat terdiri dari beraneka ragam bentuk, seperti kata-kata tulisan, gerak-gerik, mimic muka, ekspresi wajah, sentuhan aroma, serta perbuatan atau tingkah laku lawan bicara.

Feedback

Feedback adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari peneriama pesan dalam bentuk verbal maupun non verbal.

Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.

Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :

Penginterpretasian

Penyandian

Pengiriman

Perjalanan

Penerimaan

Penyamdian balik

Penginterpretasian

Hambatan dalam Komunikasi

Hambatan fisik

Hambatan fisik menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan fisik atau badan seseoranng, misalnya tuna rungu atau orang yang tidak bisa mendengar.

Hambatan kepribadian

Kesulitan untuk memiliki topic pembicaraan dengan orang lain.

Hambatan usia

Usia kadang menjadi hambatan saat berkomunikasi, misalnya anak takut menyampaikan sesuatu kepada orang tuanya. Atau saat orang tua berbicara anak harus diam mendengarkan, akibatnya komunikasi hanya terjadi satu arah saja.

Hambatan budaya

Hambatan bahasa

Bahasa kerap menjadi hambatan bila kita berbeda bahasanya dan kita tidak mengerti dengan bahasa lawan bicara kita.

Hambatan kecakapan teknologi

Hambatan lingkungan sekitar

Komunikasi interpersonal dalam organisasi

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang biasanya tidak diatur secara formal. Dalam komunikasi interpersonal, setiap partisipan menggunakan elemen dari proses komunikasi.

Componentia

Menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen utamanya, dalam hal ini adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik dengan segera.

Situational

Interaksi tatap muka antara dua orang dengan potensi umpan balik langsung dengan situasi yang mendukung disekitarnya.

Model pengolahan informasi dalam komunikasi

Rational, Limited capacity, Export,Cyberneric

Model-model pengolahan informasi pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan-dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan pemecahannya, serta mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya. Model pengolahan informasi berorientasi pada : proses kognitif, pemahaman dunia, pemecahan masalah, berfikir induktif.

Model interaktif manajemen dalam komunikasi

Confidence

Dalam manajemen timbulnya suatu interaksi karena adanya rasa nyaman. Kenyamanan tersebut dapat membuat suatu organisasi berthan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.

Immediaty

Immediaty adalah model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak membosankan.

Interaction manajemen

Adanya berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan kepada berbagai pihak yang bersangkutan.

Expressiveness

Mengembangkan suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.

Other orientation

Dalam hal ini suatu manajemen organisasi berorientasi pada pegawai.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi

http://sofiaribowo.wordpress.com/2013/06/22/proses-komunikasi

https://liwunfamily.wordpress.com/2014/02/07/7-hambatan-komunikasi/

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_interpersonal

 

Linasari/14512215/3PA12

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s